20141011_141911_resizedd

Effendi Syahputra, Lahir di Manado 16 Oktober 1979, Alumnus SMU Swasta Harapan (1994-1997) Medan ini menyelesaikan perkuliahan Strata-1 nya di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU), Medan (1997-2001). Melanjutkan Master Hukumnya dibidang Litigasi di Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada, Yogyakarta (2012).

Memilih jalan karier sebagai Advokat Profesional pada tahun 2006. Pada tahun 2010 mendirikan Kantor Hukum Effendi Syahputra & Partners sampai dengan saat ini di Jakarta dan beberapa Kantor Cabang di Kota-kota besar Indonesia.

Penggemar Sepakbola, Traveling dan Kuliner tradisional ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan pergerakan kampus di era 1998, pernah menjadi Sekjend Pengurus Pusat United Indonesia, kelompok fans pecinta klub Manchester United yang menjadi Klub Sepakbola idolanya selain PSMS Medan di Indonesia.

Menulis buku Membangun Politik Non Diskriminasi yang merupakan kajian analisis dari Gugatan Judicial review yang dilakukan dan sukses di menangkannya terhadap Undang-undang Nomor 8 tentang Pemilu. Dan sampai sekarang masih aktif menulis artikel diberbagai media baik nasional dan media lokal, baik cetak maupun online.

Effendi Syahputra kecil Tumbuh dan berkembang di Kota Lhokseumawe (Aceh) dan Kota Medan (Sumatera Utara), dan kini menjadi salah satu politisi muda yang selama ini banyak berkiprah di Ibukota Jakarta, Alumnus Fakultas Hukum USU ini mulai banyak diperhitungkan setelah sebelumnya tercatat sebagai pendiri dan sempat duduk sebagai Ketua Umum Badan Advokasi Hukum sekaligus anggota Mahkamah Partai di DPP Partai NasDem, Partai yang juga ikut di bidani kelahiran nya, berprofesi sebagai Pengacara Profesional, Politisi muda ini naik pamornya setelah berhasil memenangkan gugatan uji materi terhadap UU Pemilu 2012 yang berimplikasi pada di verifikasinya kembali semua Parpol yang akan ikut Pemilu 2014 tanpa terkecuali partai yang telah duduk di parlemen di Mahkamah Konstitusi pada tahun 2012, hal mana membuat peta perpolitikan nasional berubah signifikan, dan membuat partai-partai besar bekerja lebih keras karena bisa saja parpol-parpol “mapan” tersebut tidak lolos menjadi peserta pemilu 2014 apabila gagal dalam proses verifikasi.

Setelah menyatakan Mundur dari Partai Nasdem bersama-sama para tokoh muda lain, termasuk Hari Tanoesoedibjo (CEO MNC). Effendi Kemudian ikut membidani dan Mendirikan Ormas Persatuan Indonesia (Perindo). sebagai salah satu orang dekatnya, Hary Tanoesoedibjo kemudian mempercayakan mandat sekaligus menunjuk Effendi Syahputra sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Ormas Perindo Sumatera Utara, ini sekaligus menjadikan Effendi Syahputra sebagai Ketua DPW Perindo termuda di seluruh Indonesia (33 Tahun saat itu).

Bergabungnya Hari Tanoesoedibjo (HT) sebagai Ketua Dewan Pakar sekaligus sebagai Ketua Bappilu di Partai Hanura, maka secara langsung ikut memboyong gerbong besar HT di Partai besutan Wiranto tersebut, diketahui memiliki kader-kader yang mumpuni, maka beberapa kader terbaik Perindo pun dipinang masuk dan di usung oleh Partai Hanura untuk tampil dalam pertarungan Pemilu Legislatif 2014, termasuk tokoh muda Effendi Syahputra yang diplot sebagai caleg DPR RI unggulan di daerah pemilihan Sumatera Utara I.

Bertarung di Dapil 1 Sumut ibarat kembali pulang ke Rumah, Layaknya anak medan pada umumnya, maka haram bagi Effendi Syahputra untuk gentar menghadapi persaingan dengan para tokoh-tokoh besar di Dapil Sumut 1 tersebut, sebagai seorang profesional yang terbiasa dan menyukai akan tantangan, ESP justru merasa sangat bangga dan tertantang untuk bisa bersaing di grup “neraka” ini, baginya nama populer hanya akan menjadi sebuah nama apabila tidak di barengi oleh kerja-kerja nyata yang ril di lapangan.

Effendi Syahputra saat ini tercatat sebagai pengacara beberapa tokoh penting dan korporasi besar baik di Luar negeri maupun di Indonesia. Tercatat juga memimpin beberapa Perusahaan baik yang bergerak dibidang Media maupun di bidang Infrastruktur, serta di bidang pelayanan jasa yang kerap sukses menyelesaikan proyek-proyek besar di berbagai wilayah di Indonesia.

Selain berkutat dalam Profesi dan usaha, dibidang Politik Effendi juga berkiprah dengan mengemban berbagai amanah keorganisasian Partai Politik , pada Februari 2015 dilantik sebagai Wasekjend Bidang Politik dan Komunikasi Media DPP Partai Perindo, Ketua Ormas DPW Perindo Sumut, dan terakhir (8 Oktober 2015) Effendi Syahputra diberi amanah untuk menghimpun dan mengkonsolidir kekuatan Pemuda di tanah air lewat posisi yang dimandatkan DPP Partai Perindo kepadanya sebagai Ketua Umum DPP Pemuda Perindo.

Di bidang sosial kemasyarakatan Effendi Syahputra  juga tercatat kerap turun melakukan advokasi atau pendampingan hukum terhadap warga masyarakat yang hak-haknya terabaikan, terakhir Effendi turun melakukan advokasi terhadap Warga Sunter Jaya, Pedagang Pasar Cakung Kalimalang, Pedagang Pasar Cermai dan Pedagang Pasar Bahagia. Dan saat ini Effendi Syahputra juga tengah menghimpun gerakan anak-anak muda di Kabupaten Deli Serdang untuk bangkit mengawal pembangunan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kabupaten terbesar di Provinsi Sumatera Utara tersebut dalam wadah yang di namakan Gerakan Deli Serdang Masa Depan.

 

Twitter : effendi_sp

Facebook : Effendi Syahputra

Fanpage : effendisyahputraSH

Instagram :EFFENDISYAHPUTRA

www.effendisyahputra.com