Modernisasi Birokrasi Untuk Deli Serdang

Rakyatbicara.com, DELISERDANG – Sosok muda sebagai pemimpin di Negeri ini sudah mulai menjadi tren dan menunjukkan arah perubahan di beberapa daerah. Namun eksistensinya kemudian harus sejalan dengan kualitas agar layak dan mampu memimpin pemerintahan di era modern saat ini.

Adalah nama Efendi Syahputra yang kemudian disebut memiliki konsepsi tentang bagaimana menjadikan Kabupaten Deli Serdang kearah lebih baik melalui peningkatan peran serta masyarakat dalam pembangunan. Optimisme publik harus terus didorong agar kepercayaan terhadap pemerintah semakin membaik. Selanjutnya adalah modernisasi birokrasi dan pada akhirnya harus mewujudkan pembangunan yang berkeadilan.

“Tren kepemimpinan sudah mulai diambil alih oleh kaum muda. Sebagai contoh pemilihan Presiden Prancis yang dimenangkan kaum muda, termasuk Kanada. Kondisi ini sekarang juga sudah terlihat di Indonesia,” ujar Ketua KNPI Sumatera Utara (Sumut) Sugiat Santoso, dalam acara diskusi “Membedah Deli Serdang Masa Depan”Selasa (11/7).

Kabupaten Deli Serdang menurutnya merupakan satu daerah yang strategis di Sumut. Wilayahnya berbatasan langsung dengan Kota Medan, ibukota Provinsi. Sehingga kehadiran sosok Efendi Syahputra yang juga Ketua Umum Pemuda Perindo diibaratkan seperti oase di padang pasir. Karena biasanya, dengan dipimpin kaum muda, ternyata mampu memangkas jalur birokrasi yang selama ini cukup berliku.

“Di Indonesia, tren kepemimpinan kaum muda ini menunjukkan bahwa mereka lebih mau turun ke jalan. Untuk itu Deli Serdang juga harus di rebut oleh kaum muda,” kata Sugiat yang menyebutkan dirinya selaku Wakil Ketua DPD Gerindra Sumut mendorong agar partainya memberikan dukungan kepada Efendi Syahputra.

Sementara Pengamat Politik Faisal Riza mengatakan bahwa anak muda masih dianggap oleh kalangan orang tua sebagai kaum yang serampangan. Sehingga perlu ada kemampuan dan kompetensi untuk bisa menjadi kepala daerah. “Deli Serdang ini harus ada yang memberikan solusi untuk memaksimalkan pembangunannya. Tantangannya adalah oligarki kekuasaan, di mana pendistribusian kepemimpinan berdasarkan kekeluargaan,” sebutnya.
Sehingga menurutnya, meskipun semangat kaum muda diperlukan untuk menjadikan Deli Serdang semakin baik, sosok seorang pemuda dimaksud harus menunjukkan sisi kreatif dalam membuat perbedaan yang positif dan maju.
“Jadi tidak sekedar muda, harus kreatif. Dan yang penting adalah memahami apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dengan baik,” katanya.

Sumber: rakyatbicara