Effendi Syahputra: Jalan Tembus Deliserdang-Karo Menguntungkan

Delitua, (Analisa). Wacana pembukaan jalan tembus Deliser­dang-Karo men­dapat dukungan dan perhatian banyak pihak. Salah satunya dari tokoh muda nasional asal Kabupaten Deliserdang, Effendi Syah­putra yang menilai pembu­kaan jalan tembus itu me­nguntungkan baik dari segi sosial budaya maupun dari segi ekonomi.

“Jalan itu dari sudut pan­dang sosial budaya akan menghubungkan dua suku, yakni Karo dan Melayu. Hubungan kekerabatan itu akan semakin terjalin erat sehingga persatuan kita semakin erat. Wisata budaya juga akan tercipta dengan sendirinya,” kata Effendi yang menggagas Deliserdang Masa Depan ini kepada Analisa, Rabu (29/3).

Putra Melayu dari Hamparan Perak Kabupaten Deliserdang ini menjelaskan dari segi ekonomi pasti juga terjadi peningkatan. Dengan adanya jalan tembus itu masyarakat di lingkar jalan yang akan dibangun akan semakin sejahtera, hasil panen akan cepat sampai ke lokasi penjualan, arus lalu linta akan lancar, pariwisata Danau Toba akan tertopang dengan baik.

Karenanya, Effendi yang menaruh perhatian serius terhadap pengembangan Deliserdang mengaku akan turut mem­perjuangkan terealisasinya jalan tersebut. “Ini akan menjadi prioritas gerakan Deliserdang Masa Depan yang saya gagas bersama tim di tiap-tiap kecamatan,” ujar pengacara yang tinggal di Jakarta ini.

Secara rinci Effendi me­ngatakan jalur yang akan dilalui pada jalan tembus Deliserdang-Karo itu antara lain Tanjungmorawa-STM Hilir-STM Hulu-Desa Rumahliang-Barusjahe. Sebelumnya kedua kabu­paten juga sudah melakukan pembicaraan terkait pem­bukaan jalur alternatif itu.

Effendi mengatakan jalan yang akan dibangun yakni jalan negara sehingga perlu mendapat dukungan dari Menteri Lingku­ngan Hidup dan Menteri PUPR. “Kita akan berupaya mendorong para menteri terkait segera menindak­lanjutinya,” ujar Ketua Pemuda Perindo Pusat tersebut.

Adapun jalan yang akan dibangun akan dibagi dalam beberapa tahapan, yakni Barusjahe ke Rumahliang berkisar 13 Km. Rumahliang-Tigajuhar berjarak 17 Km. Jarak Tigajuhar-Talunkenas 16 Km. Talunkenas-gerbang tol Tanjungmorawa 20 Km. Talunkenas-Delitua 14 Km, Talunkenas-Patumbak-Amplas 16 Km.

“Bayangkan berapa kecamatan di Deliser­dang dan Karo yang akan dilalui jalan negara itu. Itu sangat berarti sekali bagi masyarakat Deliserdang dan Karo khususnya dalam peningkatan kesejahteraan,” katanya.

Dengan jalan tembus itu, kesenjangan ekonomi juga kan terpangkas. “Warga yang ada di dataran tinggi akan dapat dengan mudah menjual hasil pertaniannya ke dataran rendah dengan jarak dan waktu yang singkat sehingga hasil panen tetap segar. Ini sangat mengun­tungkan banyak pihak,” ujarnya. (br)