Effendi : Kepemimpinan Medan Butuh Kreatifitas Figur Muda

Medan – Dengung Pemilihan kepala daerah di Kota Medan mulai terdengar, beberapa nama sudah tampil ke publik, beragam janji siap diusung. Hiruk pikuk gelaran Pemilihan Walikota yang rencananya akan digelar tahun 2015 ini hendaknya bisa melahirkan pemimpin yang memiliki visi dan kreatifitas tinggi. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPW Ormas Persatuan Indonesia (Perindo) Sumatera Utara, Effendi Syahputra menilai, bahwa Medan saat ini butuh sentuhan dari orang muda yang memiliki visi memajukan medan sebagai Kota Metropolitan, namun tetap memperhatikan kesetaraan pembangunan dan kesejahteraan antar wilayah di Kota Medan.

Karena menurut Effendi, untuk mengelola Kota Medan dibutuhkan energi besar dan kreatifitas yang tinggi, dan hal ini bisa dipenuhi oleh kaum muda yang memiliki visi pembangunan terencana dan terukur dengan baik.

“Medan memiliki banyak potensi dan juga persoalan sebagai kota metropolitan, pemimpinnya tentu harus kreatif menyentuh potensi-potensi tersebut dan juga terampil mencarikan solusinya,” ujar Effendi kepada Wartawan, di Kantor DPW Perindo Sumut, Senin (13/4/2014).

Effendi mencontohkan, sudah saatnya pengalokasian program pembangunan di Medan dititik beratkan kepada masalah utama pengembangan kota metropolitan, seperti pembangunan sarana transportasi yang terintegrasi.

“Ancaman kemacetan sudah mengintai medan, jika pemimpinnya tak memiliki visi dalam pengelolaan sistem transportasi ini, maka Medan tinggal menunggu waktu dan mengalami hal yang sama dengan DKI,” ujar pria yang juga berprofesi sebagai pengacara ini.

Selain itu kata dia, Medan membutuhkan pengembangan wilayah pemukiman yang tertata dengan baik, seperti wilayah Industri dan perdagangan yang dipadukan dengan grenn concept.

Effendi menyinggung tentang wilayah Medan utara yang selama ini dianggap tertinggal dari sudut pembangunan. Untuk hal ini menurut dia Walikota kedepan dapat malakukan fokus program menjadikan Medan Utara sebagai daerah penyangga pemukiman. 

“Sebagai daerah penyangga kota, Medan Utara harus difokuskan Kepada area pemukiman, tata ruang harus jelas dan tidak tumpang tindih dengan wilayah industri, Dan yang terpenting adalah konsep yang jelas terutama infrastrukur untuk Medan Utara sebagai wilayah pemukiman,” ujar Pria yang berasal dari Medan Utara ini.

“Persoalan Medan ke depan akan semakin kompleks, sudah pasti dibutuhkan kretatifitas tinggi untuk mengatasinya, untuk itu sudah saatnya Medan dipimpin figur muda,” ujarnya. (Harian Waspada)